October 22, 2010

Indotekken Highlights Reel - feat. XtiaN

Garlic kembali dengan episode terbaru Indotekken Highlights Reel.
Kali ini yang diinterview dia adalah admin dari Indotekken, dia lah orang yang udah banyak sekali melakukan kontribusi ke komunitas Tekken di Indonesia.

Dia lah, XtiaN.

Nga usah basa-basi lagi, inilah Highlights Reel dengan XtiaN.



Indotekken Proudly Presents, Highlights Reel!
Featuring X-Tian!
Indonesian Tekken Community Pioneer!



Garlic : Ayo Liz, masuk.
Lizanias : Engga deh. Lu duluan.

Garlic : Kok gue? Gw mana tau, kenapa kita dipanggil X-tian?
Lizanias : Apa jangan-jangan gara-gara kita mesen makan di Mabes, trus masukin bon-nya ke tian?

Garlic : Elu sih makannya banyak.
Lizanias : Lah, itukan ide elu?

Garlic : Ya udeh. Yang penting sekarang kita jangan maen salah-salahan.
Lizanias : Oke. Masuk nih sekarang?
Garlic : Ayo.

[Garlic dan Lizanias memasuki ruang kantor X-tian]

Garlic : Tian, sumpah. Itu idenya Liz. Gw cuma mesen mie. Tapi Liz malah pake nambah segala.
Lizanias : [syok]

XtiaN : Kalian ngomong apa sih? Mo wawancara kok ribut banget?
Garlic : Ha? Oooohhh.. kami dipanggil karena buat wawancara toh?
Garlic : Haha.. kirain buat ap... kekh kekh kekh [Lizanias mencekik Garlic]
Garlic : Li..kkehh.zz hekk... mmm..oo mulai nih.. hekkkk


Lizanias : Halow, pemirsa setia Indotekken! Selamat datang kembali, pada setiap Minggu Malam dalam ajang, Indotekken Highlights Reel!
Lizanias : Starring the best Tekken Players of the World. Hosted by your Coolest Reporters, Lizanias and, my-good-for-nothing-brother, Garlic.
Garlic : Good for nothing? Kejem lu ye? Awas lu. Kalo lu tidur, gw coret-coret muka elu.


Lizanias : Pemirsa, kali ini kami mengundang seorang pemain Tekken yang Jasa-jasanya bagi kemajuan Tekken di Indonesia sangat besar.
Garlic : Begitu veterannya, sampai-sampai saya kira perlu diberi gelar pahlawan nasional.
Lizanias : Tidak terhitung pengorbanannya buat komunitas Indotekken.
Garlic : Ternyata tidak hanya badannya yang besar. Tapi juga hatinya.
Lizanias : Ia adalah seorang penggemar keluarga Mishima sejak lama.
Garlic : Tapi sempat membelot karena ilfil ngeliat kolor Heihachi di Tekken 4.
Lizanias : Ia juga seorang head programer yang cukup sukses, di Kotakgame.
Garlic : Game yang saya rasa kurang berhasil, karena badannya masih bulet.
Lizanias : Baiklah, kita akan langsung mewawancarainya.


Lizanias : Nama Lengkap Anda?
XtiaN : XtiaN aja. lebih gahar.

Lizanias : Umur anda?
XtiaN : 18, tahun ini
Garlic : (bisik-bisik) emang boleh ngebohong disini Liz?
Lizanias : (bisik-bisik) sssttt... Lu mau didudukin sama dia?
Garlic : Ehh.. engga makasih

Lizanias : Baik. Tian, Sejak kapan anda mengenal Tekken?
XtiaN : SMP.

Lizanias : Ceritakan pengalaman pertama anda mengenal Tekken?
XtiaN : main ke rumah temen. Trus kaget kok selain SNES bisa ada console baru dan hot banget yang pakai CD buat 'kaset'nya.
Pas dia nyalain dan setel 1 game gebuk2an...WOW.. Gileeee ini game keren abis. Tekken 2 awesome. 3Dnya mulusss, n lucunya pas teken select bisa pilih kepala gede. Sblmnya sempet maen di arcade bandung dan ga sengaja liat Virtua Fighter 1, ngeliat game itu pas awalnya kaget dan ketagihan main pakai akira yang masih modal p,p,p dan ff+k,k. gua cobain motion hadouken dan shoryuken ga keluar apa2an waktu itu. Setelah liat Tekken 2, langsung demen maen. yang pake baju merah dengan rambut berdiri pas dikasih motion hadoken bisa keluar jurus!! Itulah Paul. Setelah itu punya hobby foto kopi majalah Gamepro/EGM temen yang isinya list 10 string Tekken 2. Di sekolah kerjaannya cuma ngapalin 10 string, karakter pertama gua waktu itu paul, law, baek. Pokoknya yang 10 stringnya keren. Saat Tekken 2 baru keluar, orang yang bisa 10 string lancar = KNEE.

Lizanias : Karakter-karakter mana yang anda sukai hingga saat ini?
XtiaN : Heihachi.
Dulu suka Paul, Law, Baek dan terakhir di Tekken 2 demen sama bruce. 1,2,d4,3 rules and bisa bikin gua pede ikut tourney dan langsung masuk 4 besar. Di Tekken 3 mulai suka dengan Mishima terutama Heihachi, inspired juga sama temen-temen sparing dari Dojo Bojong. Belajar wavedash inspired by them dengan istilah katro "langkah seribu". Saat itu trick wd heihachi cuma antara throw, hellsweep dan wgf. WGF saat itu MID .
Punish karakter cukup modal df2, lanjut wgf. And running 3 itu framenya +sejuta dan guaranteed dikasih wgf/deathfist/d1. pokoknya waktu itu mishima rules banget. Masa Tekken 3 ini masa2 gua jaya dan hampir semua tourney selalu masuk 3 besar. Saat itu selain bersaing dengan Juanda, Johan Bojong, gua juga sering main dengan si Silvertear.

Abis itu Tekken Tag rada kaget dengan perubahan mishima yang dinerfed. WGF/EWGF jadi smid and hellsweep mandul. Trus iseng-iseng cobain Julia and Michelle.

Julia combo uf4, d2, d,df4,3, df4,2,bf1 keren. Tapi setelah liat2 movies Korea terutama Michael Jordannya Tekken yaitu Jangiksu, makin ngerti variasi2 wd, snake dash, bd dll.

Abis itu Tekken 4 pakai Jin dan Xiaoyu karena geli liat heihachi pake kolor doang waktu itu . Tekken 5 mulai gak terlalu sering main karena sibuk kuliah dan fokus ke pacar , tapi waktu itu sempet main pakai DJ, Jin, Julia, Heihachi. Tekken 5 ini banyak inspired by qudans dan mainstreet ryu 1st.


Qudans vs Mainstreet Ryu


And then, Tekken 6 keluar sempet nyobain Leo, Miguel, Julia, Bruce tapi tetep pilih Heihachi lagi. Walau di Tekken 6 dia dinerf abis2an (no launcher yang simple, no TP, df2 ass#$#itf4ck, no hopkick, u4 pun ga mau ngelaunch, d14 gak tracking lagi) tapi dia tetep ada kharisma dan sejarahnya sendiri.

Lizanias : Anda merupakan pemain veteran di Komunitas kita, mana yang anda rasa lebih menarik. Tekken TTT atau T4 atau T5DR atau T6BR?
XtiaN : Tekken 3 dan Tekken 6BR. Tekken 3 karena jamannya gua aktif banget sebagai player dan ngantongin juara2 tourney.
Tekken 6 karena gua aktif sebagai community manager dan giat membuat komunitas Tekken sebagai komunitas gamer fighting terbesar di Indonesia yang paling banyak eksis dan diliput oleh berbagai media game dan online. Walau gak terlalu aktif turun lapangan sebagai player, tapi gua udah cukup puas melihat komunitas indotekken ini berkembang terutama Ranking Battle ini sukses dijalankan di 4 kota besar dan memiliki banyak manfaat positif.

Lizanias : Boleh tahu, apa kegiatan anda selain bermain Tekken?
XtiaN : Gua saat ini ngantor di salah satu perusahaan IT di indonesia dan menjabat sebagai web director / project manager.

Lizanias : Kotakgame. Bisa ceritakan tentang Kotakgame?
XtiaN : Sideproject. Gua sebagai salah satu founder sekaligus juga web project managernya. Kotakgame ini dibuat untuk miliki visi sebagai salah satu portal game berbahasa indonesia yang terlengkap di Indonesia.

Lizanias : Kotakgame benar-benar terkesan sangat mendukung Indotekken. Bagaimana ceritanya bisa sampai seperti ini?
XtiaN : Kotakgame sebenernya mendukung semua komunitas Gamer kok. hehehe. Terakhir kotakgame juga berhubungan baik dengan gamecenter, komunitas indosf dan PES/WE.

Lizanias : Ada pemain yang memberikan inspirasi bagi gameplay anda?
XtiaN : Jang iksu, Seok Dongmin, Qudans, Mainstreet Ryu, Knee (walau gak main bryan, tapi demen sih liat cara dia maen. Facenya dia mirip 99% dengan adik gua yg sempet jadi hopengan pokemon Mr Kula pas mereka masih SMP).
Oh ya si MadDogJin juga deh. Gua pas ke korea tahun kemarin sempet mampir ke Green Arcade Center untuk nyari dia dan foto bareng.


XtiaN with MadDogJin

Garlic : Bagaimana cara anda belajar mendalami Tekken sejauh ini?
XtiaN : nyoba2 juggle, sering2 gathering dengan temen dan dulu pas tekken 3 sering download movie2 combo si castel dan baca gamefaqs juga.

Kalau sekarang ini, gua ga punya banyak waktu latian dan sparring, saat ini cuma bisa liat2 forum, liat match Tekken Crash dan tourney2 gede untuk jadi referensi.

IMO, yang penting itu balance antara resource internet dan actual gameplay ketika gathering dan main bersama teman.

Modal main dan gath doang ga bisa bikin seseorang maju pesat, atau juga modal ntn vid dan baca strats ga bisa bikin dia jago walau udah latian bisa eksekusi combo/juggle. Harus balance antara praktek dengan teori. Reflek eksekusi, punish harus balance juga dengan plus minus frame lawan dan karakter yang dipegangnya sendiri.
*Untuk praktek meliputi: self service practice (juggle, throw break, timing juggle ke wall), casual match, tourney match.
teori: strats forum (termasuk frame data), vids.

Garlic : Bisa disampaikan apa saja, pencapaian terbaik anda dalam turnamen-turnamen selama ini?
XtiaN : Sudah gua sebutin di atas tadi. turnamen terbaik di semua era Tekken 3. Tekken 4 pas awal2 sempat selalu masuk final. Saat itu sering giat main bareng si Ban tapi sempet stop karena fokus kuliah, skripsi dan kerja part time yang sangat menyita waktu.

Pada Tekken 6 BR, ini pencapaian terbaik adalah memanage tournament Indotekken Crash Tournament, Ranking Battle dan WCG 2010. Walau ga bermain aktif dan kompetitif tapi gua ada kepuasan sendiri membangun komunitas ini secara global nasional dan internasional bersama moderator2 Indotekken yang kompak.

WCG 2010 ini sebagai tonggak keterlibatan gamer Indotekken di dunia international dan tentunya kita berharap agar tahun depan, kita bisa mengirimkan wakil terbaik untuk memenangkan WCG 2011. kita wajib memastikan visanya juga

Garlic : Punya pengalaman menarik ketika bertanding? Melawan siapa dan dalam event apa?
XtiaN : Tekken 3 vs Juanda, Johan, Richard dan Silvertear dalam berbagai tourney yang dibuat oleh multitoys. Yang teringat jelas sih pas lagi mau babak 4 besar pas tahun 1997 atau 1998, vs si silvertear (yang waktu itu dia pakai lei), gua harusnya masuk final tapi apa daya juggle gua heihachi wgf, 1, f1,b2,1 bisa whiff di 1 terakhir.
Trus yang ga pernah terlupakan vs richard yang waktu itu dijagokan dan menjadi favorit orang karena memakai GON. Semua orang waktu itu tewas karena bingung melawan gon, gua juga hampir kalah, tapi saat2 terakhir gua abuse d1 heihachi dan sukses mejadi top 3 winner di tourney tsb.

Garlic : Oke. Sekarang kita coba mengulas Indotekken lebih dekat.
Sudah berapa Tahun Indotekken eksis?
XtiaN : udah puluhan taun since tekken 2, gua suka ngajakin temen2 gathering dan sparringan di Bojong, Glodok, kadang main di GM. Official ada nama Indotekken ketika era Tekken 4.

Garlic : Bagaimana awalnya terbentuk Indotekken?
XtiaN : info n history Indotekken ada diulas lengkap di berbagai majalah, yang terakhir komplit di Gamezine Agustus 2010 dan HotGame September. (sekalian promosiin media partner Indotekken)

Garlic : Apakah masih ada masalah hingga kini dengan VGI? Btw, anda bisa memilih untuk tidak menjawab.
XtiaN : Engga, kita sekarang berhubungan baik dengan VGI dan no problem. Gua sering ketemu dan ngobrol2 dengan si Kelly yang sering mampir ke kantor untuk meeting dengan coworker gua.

Garlic : Ada kesulitan-kesulitan dalam mengembangkan Indotekken sejauh ini?
XtiaN : semuanya itu ada suka dan dukanya. jaman Tekken 6 BR ini sejujurnya adalah jaman keemasan tekken di Indonesia karena pada era Tekken 6 BR ini, kota-kota besar kompak dan bisa ramai bermain Tekken. Apalagi semenjak Tekken 5, ada Garlic dan Lizanias yang juga sangat membantu perkembangan komunitas Indotekken. Mereka berdua adalah reporter yg awesome di Indotekken. (editor's note: oh terima kasih.. *malu)

Biasanya sih kesulitan utama yaitu membuat anggota komunitas untuk aktif berkontribusi, kadang susah mendapatkan orang yang tepat. Biasanya banyak orang yang bisa memberikan ide tapi belum tentu orang itu bisa serius merealisasikan ide itu dan mau melibatkan dirinya sebagai panitia. Tapi so far so good, di setiap tourney/gathering indotekken, pasti di saat2 terakhir, ada bantuan backup dadakan. Tentunya akan lebih baik jika next time ada lebih banyak teman-teman yang mau ikut nimbrung.

Garlic : Apa harapan anda bagi Komunitas Indotekken?
XtiaN : Komunitas Indotekken bisa semakin besar dan makin maju serta bisa dikenal di dunia international melalui event2 WCG, SBO, World Tourney, dll.

Gua juga berharap agar komunitas Indotekken ini bisa menghasilkan orang yang bisa ikut aktif mengembangkan komunitas ini. We need more active player yang bisa active juga mengajak gathering dan menyemangati player kita secara kekeluargaan. Semua orang wajib memiliki inisiatif untuk semangat dan sanggup mengajak gathering jika ingin bermain dengan teman-temannya.

Gua yakin banyak member2 Indotekken yang kadang ingin main tapi gak punya teman sparring atau juga pas mau DM tapi ga ada lawan. Daripada nunggu diajak atau nunggu ada acara/tourney, mendingan inisiatif untuk aktif post di forum dan senantiasa membuat jadwal gath dan DM rutin.

Akhir kata, GO GO GO INDOTEKKEN!

Garlic : Baik lah pemirsa. Yel-yel yang bikin sampe office boy pun menoleh tadi itu, menutup sesi interview kita minggu ini.
Lizanias : Terima kasih tian, atas wawancaranya.
XtiaN : Sama-sama Liz. Btw, tadi itu pada berantem soal apaan?
[BRAK] Suara pintu tertutup. Garlic Kabur duluan

No comments:

Post a Comment