March 31, 2014

Perkenalkan Game Fighting Lewat Family Sharing, Tapi Ribet nya itu loh! Astaga!

Salah satu misi yang gw jalanin adalah kenalin genre fighting game ke banyak orang, buat orang lebih mengerti akan game2 ini, dan tularin cinta itu ke orang2.



Sewaktu gw denger di Steam(PC) kita bisa pinjamin game ke orang lewat fitur terbaru mereka Family Sharing, yang terpikir pertama kali oleh gw adalah, fitur ini bisa dipakai untuk orang cobain game2 fighting di Steam. Lebih menarik nya game di Steam itu dalam format digital bukan dalam format disc ataupun catridge(muke gile! mana ada jaman sekarang game dijual dalam kaset!). Nah artinya loe lebih gampang minjemin nya, loe kagak usah takut game loe hilang, loe nga usah takut cd loe bakalan baret2. Fitur pinjam-meminjam ini makin menarik lagi waktu gw denger kabar kalau pemilik game akan selalu diprioritaskan. Nanti gw jelasin deh, karena sekarang gw pengen jelasin kenapa ini fitur bisa dipakai untuk kenalin orang2 ke game fighting, tapi sayang nya terlalu ribet & beresiko.


Pertama-tama loe sebagai sang pemilik game harus login dulu di komputer si peminjam. Selanjut nya loe sang pemilik harus kasih ijin ke temen/anggota keluarga loe buat akses game loe. Kedengaran sederhana tapi praktek nya nga.

Ini karena arti nya loe harus pastiin dulu fitur pengaman Steam Guard udah on, lalu ke komputer si peminjam, login dengan account loe di situ, lalu beri tahu Steam loe ijinin komputer tadi untuk akses account Steam loe(proses verifikasi).

Selanjut nya yang mau pinjem game nya harus login buat minta akses ke game loe. Login di komputer itu, click game yang loe mau, lalu minta pinjem ke pemilik game. Nanti sang pemilik disuruh buka e-mail lagi buat ngasih ijin.




Baru setelah itu si peminjam bisa download game yang mau dia pinjem. Sewaktu pinjem dia kagak pinjem satu game aja tapi semua  game library loe, yg bearti dia bisa mainin game loe yang mana aja.

Jangan khawatir tapi karena loe sebagai sang pemilik akan selalu diprioritaskan. Sewaktu loe & yg minjem mau main game yang sama, si peminjam bakalan dibilangin sama Steam kalo yang punya game mau maen, lalu dia diberi 5 menit untuk stop atau game nya diberhentiin secara paksa.

Kita udah bahas cara2 nya, keuntungan nya, sekarang coba deh kita pikirin bagaimana repot & resiko nya kalau kita mau pake fitur ke orang yang kita kagak kenal. Masalah pertama loe harus login di komputer orang, bener2 ke sono lalu masukin login name & password. Bisa juga loe kasih orang account loe & password. Tapi kalau dia pake account loe buat beli game yang nga2 gimana ayo?



TIDAAAAAK!!!!  horor banget ini. Amit-amit, amit-amit.


Tapi serius nih nga aman lah kalau ngasih password ke orang. Kalaupun kasih paling juga ke orang yang udah bener2 percaya seperti kakak, adik, pacar, teman baik, teman baiknya teman loe, teman nya teman punya teman punya sepupu yang masih sedarah dengan tante punya kakak punya om punya teman loe.

Yang pada akhirnya fitur ini paling juga kepake sama orang yang tinggal serumah. Sesuai namanya Family Sharing. Tapi kekurangan nya loe berhenti maen pas yg punya game mau main. Padahal belum tentu juga pada main game yang sama. Bisa aja kakak loe mau maen SF terus loe nya mau maen KOF, tapi karena loe cuma minjem jadinya loe musti ngalah. Ya sudah lah.

No comments:

Post a Comment