November 18, 2010

Indotekken Highlights Reel - feat. Darmawan

Sudah cukup lama Indotekken Highlights Reel nga muncul. Tapi Garlic sudah kembali, dan kali ini yang diinterview adalah Darmawan atau L4W_M45T4Z. 

Karena kalian pasti udah lama nungguin interview ini, jadi langsung aja kita ikuti Highlights Reel, featuring Darmawan.




Indotekken Proudly Presents, Highlights Reel!
Featuring Darmawan!
The Most Talented Player!

The Pride of Surabaya!

Garlic : Ayo Liz, masuk.
Lizanias : Okay. Loh? Darmawan belom dateng?

Garlic : Belom, dia dateng kecepetan. Sekarang lagi nonton Dangdut di lapangan deket sini.
Lizanias : Lu sms dong. Gw ga mau pulang kemaleman ni.

Garlic : Ha? Udah jam 12 gini. Lu nginep aja disini.
Lizanias : Oh. Oke.

Garlic : Kita engga tidur sekamar loh.
Lizanias : Emangnya siapa yang mau tidur bareng elu?
Garlic : [padahal udah nyiapin kasur dengan bantal sebelah-sebelahan]

Lizanias : Btw, mic dan sound systemnya mana?
Garlic : Lah, kan lagi dipake buat Dangdutan?

Lizanias : Eh? Terus yang ngeliatin siapa?
Garlic : Ya, Darmawan.

Lizanias : Gile lu. Tamu disuruh jagain Sound System buat acara Dangdutan.
Garlic : Biarin. Orangnye baek kok.

Lizanias : Eh tuh, dia udah balik.
Darmawan : Hello, Guys.
Garlic : Acaranya udahan?

Darmawan : Kayaknya sih. Tadi gw sibuk hunting fb cewe-cewe disana.
Lizanias : Dapet banyak?
Darmawan : Lima puluhan..
Lizanias : Bagi dong...
Darmawan : Oke boleh. Nih.. yang ini cakep.. yang ini...
Garlic : Hei..hei! Kita mulai aja dulu.


Garlic and Lizanias : Halow, pemirsa setia Indotekken! Selamat datang kembali, pada setiap Minggu Malam dalam ajang, Indotekken Highlights Reel!

Garlic : Starring the best Tekken Players, with your Coolest Reporters, Garlic and...
Lizanias : Lizanias.


Lizanias : Pemirsa. Malam ini kami kedatangan seorang pemain Law yang sangat terkenal.
Garlic : Teman FBnya saja ada lebih dari 2000. Saya sendiri cuma 300an.
Lizanias : Dia terkenal saat menang dari Mr. Kula di Jakarta di Tahun 2005.
Garlic : Peristiwa yang saat ini sudah masuk kurikulum sejarah anak sekolahan.

Lizanias : Darmawan juga hanya kalah satu kali dalam rangkaian Ranbat Surabaya.

Garlic : Darmawan juga yang memenangkan WCG pertama di Indonesia!
Lizanias : Sayang batal berangkat, karena gagal memperoleh visa.
Garlic : Hee? Terus titipan gw gimana?
Darmawan : euh, sori. mungkin taon depan.


Lizanias: Kita mulai dulu dari nama Anda. Nama Lengkap Anda?
Darmawan: Darmawan sie

Lizanias: Umur Anda kalo boleh tahu berapa?
Darmawan: Baru 20 lebih dikit. Alias 25.
Lizanias: Nga apa2 kok kalo boong2 dikit kayak XtiaN.

Lizanias: Anyways sekarang tinggal nya di Surabaya? Udah dari lahir Anda tinggal di situ?

Darmawan: Dulu lahirnya di Surabaya, terus pindah ke KENCONG (deket jember). Abis itu SMA sampe sekarang di Surabaya.

Lizanias: Kencong? Satu SMA sama Sinta dan Jojo dari Keong Racun engga?

Lizanias: So, sejak kapan mengenal Tekken?
Darmawan: Dari SMP. Pas di kencong, tekken 3 pas itu di PS.
Lizanias: Main nya di rumah temen atau di mana?
Darmawan: Di rumah sendiri

Lizanias: Itu main nya karena direkomendasiin temen ato karena alasan lain?
Darmawan: itu maennya sih asal aja, kok ada game 3D, kan biasanya 2D. Nah setelah coba, kok akhirnya suka sampe keterusan.

Lizanias: Oh gitu, terus waktu itu yang buat keterusan tuh apa? Apa karena Anda asyik bermain dengan temen2 SMP anda?

Darmawan: Karena pas itu udah merasa dewa karena pas lawan temen SMP gw menang, nah dia bilang "awas lo gw bawain temen gw yang ebad". Akhir nya beneran dibawain temennya dan temenya itu si HARRY HAW. Tapi tetep aja gw bisa menang. Dan berpikir wah kayaknya ga ada yang bisa ngalain gw maen Tekken nih, padahal maennya lom kenal juggle ato air combo dan sejenisnya. Jadi maennya cuman hit n run terus banting.

Lizanias: Wah menarik juga. Jadi kalian berdua bertemen dari saat itu?
Darmawan: Pas itu masih temen biasa doank, maen juga jarang karena rumah kita jauh. Sehabis itu pas dia mau bawa Harry Haw lagi gw males dan gw bilang "males ah temenmu gampang gitu, bawa yang lebih ebad lagi". Hahaha, masih sombong"nya. Masih bocah sih. 

Lizanias: Hehehe, mirip cerita nya Daigo yang jamannya dia masih bocah, dia sombong banget.
Darmawan: wkowkow....

Lizanias: Sebelum main Tekken dulu main apa?
Darmawan: Kalo game fighting maen nya Street Fighter tapi di arcade, jaman masih 100 sekali maen.

Lizanias: Tapi sebelum Tekken, anda tidak main game fighting secara serius?
Darmawan: Ga pernah. Setelah Tekken gw belajar beberapa game figting juga. Pas jamannya Tekken 5 mau ke Tekken 6:BR kan nunggu lama, nah itu gw vakum terus cari komunitas game fighting yang lagi rame. Karena pas itu Tekken mati suri di Surabaya. Akhirnya gw nemu komunitas KOF di arcade ama Guilty Gear. Itu agak lama juga maen nya.

Lizanias: Oh I see. Anyways kita masuk ke topik lain nih. Boleh tahu kegiatan Anda sehari-hari?
Darmawan: Kerjaan gw sehari" sebagai design grafis dan juga percetakan. Kadang juga ngasih pelatihan program komputer untuk perusahaan atau lembaga.

Lizanias: Wah dua pekerjaan yang berbeda tuh? Memang nya Anda ambil jurusan apa waktu kuliah?
Darmawan: Dulu pas kuliah ambil S1-Informatika di STTS

Lizanias: Ah bagus bagus. Sekarang topiknya kembali lagi ke game favorit kita semua. Karakter-karakter mana yang Anda sukai dalam Tekken? Dan apa alasan nya?

Darmawan: Yang pertama pastinya LAW.*mengucapkannya dengan penuh rasa bangga*

Dulu awalnya gw pake Paul dari Tekken 3 sampe Tekken 4 awal". Sampe akhirnya gw dihajar babak belur sampe ndelosor ama Yudi (yang ngajarin gw air juggle). Terus gw dkasih video combo char" tekken, nah disana gw liat gerakan DSS punya LAW. Akhrinya gw tertarik dan memutuskan untuk mempelajari nih char. 

Yang gw suka dari Law ini dia punya attack speed yang bagus. Kemudian PARRY dewa. Memang awalnya susah pas belajarnya, tapi kalo dah lancar ampuh untuk bikin musuh takut nyerang.hahahaha
Beberapa char laen yang gw suka ada Julia, Zafina, Leo, Hwoarang, Paul tuh char yang gw kuasai selain Law. Ada yang laen kayak Jin, Lars, Lei, Bruce, Xiaoyu tapi cuman buat bisa"an aja kalo lawan noob.

Lizanias: Oh itu toh alasan kenapa Anda mengunakan Law sebagai char utama. Jadi nanti di TTT2 Anda akan menggunakan Paul & Law?
Darmawan: LAW tetep pake tapi ntar kalo satunya masih lom tau. Ntar diliat yang enak buat dipake bareng dan keren kombinasinya yang mana. :D

Lizanias: Anda memakai banyak sekali char dan tipe char Anda yang gemari bervariasi sekali. Nah, tipe char seperti apa yang paling sesuai dengan gaya main Anda?

Darmawan: gw lebih suka char yang bisa pressure lawan. Apalagi kalo lagi musuh dipojok. Pasti gw buat supaya dia ga bisa keluar dari pojok.hahaha

Lizanias: Tipe karakter yang agresif. Interesting. Ngomong2, soal char Tekken. Apa Anda merasa Tekken 6BR tidak kompetitif, sehingga ada karakter yang Anda rasa tidak imbang kekuatan nya?

Darmawan: Justru di tekken 6br ini semua char balance. Mungkin ada yang bilang ga balance, ada char yang ga bisa apa".
Kalo menurut gw bukan charnya yang ga bisa apa", tapi dia salah cara maenin tuh char. Karena tiap char punya move n frame yang beda otomatis cara maeninnya juga beda. Tapi kebanyakan cara maennya disamain smua char, dan itu yang buat muncul istilah "ah char ini lemah ga mungkin bisa menang" dan sejenisnya. Menurut gw, char apapun asal dipegang ama org yang tepat alias bisa cara maenin nya pasti baguz.


Lizanias: Jadi kalau disimpulkan, pemain harus menyesuaikan gaya main nya dengan kemampuan karakter yang dia gunakan. 

Jadi apa sebaiknya tiap pemain pake 1 char saja sewaktu main serius, seperti Anda? Atau memakai banyak char & lawan musuh dengan taktik counter pick?

Darmawan: Kalo menurut gw ga masalah sih pake banyak char, gw biasanya pake law kalo tourney doank. Kalo maen ama temen" biasanya pake char gonta ganti. Dan kebanyakan mereka ngomel kalo gw ga pake law. Yang penting kuasain dulu char utama sampe detail, baru belajar yang laen.


Lizanias: Tips yang bagus. Nah sekarang saya mau lebih fokus ke anda nih.
Anda tipe pemain yg otodidak dan nga belajar Tekken sama sekali dari internet(baca frame data,FAQ), apa itu betul?

Darmawan: Iya gw pernah dulu awal" pengen ngerti apa itu frame dll. Tapi semakin gw pelajari maen gw semakin kacau. Gw belajar cara maen belajar sendiri, tapi kalau combo atau air juggle gw liat di inet. Karena gw ga cocok ama permainan LAW orang lain.

Banyak temen yang dulu bilang coba liat permainan law punya si ini itu. Tapi pas gw liat ga cocok banget. Jadinya gw nemuin cara permainan law dari pengalaman maen ama temen'. Kalo kalah gw inget2 salahnya dimana dan gw ubah. Lama-kelamaan bisa kembang sendiri.

Lizanias: Oh begitu. Ngomong-ngomong di luar kan ada beberapa tuh pemain Law yang ngetop kayak Rip, JustFrameJames, Malgu? siapa role model/panutan/idola?

Darmawan: Kaga ada bro. Ga cocok semua ama permainan mereka. Kurang greget rasanya.

Lizanias: Menurut saya pribadi JustFrameJames mengingatkan saya dengan Anda, terutama sewaktu dia parry GMMA Kor belasan kali dalam 1 match.

Mari kita saksikan Darmawan beraksi dengan parry nya.


WCG 2010 Extra Match - Lion-@rt vs Darmawan part 1/2

WCG 2010 Extra Match - Lion-@rt vs Darmawan part 2/2

Darmawan: Ow...gw yang pernah liat cmn RIP aja bro. Yang dia maen lompat" pas lawan jatuh. Cross over ya namanya kalo temen" bilang.

Lizanias: Iya, biar dapet hit dari belakang.
Darmawan: Gw ga suka, mending kombinasi bawah atau mid. Biar musuh bingung.
Lizanias: I see. Ngomong2 soal skill nih, apa Anda sudah puas dengan skill Anda sekarang?
Darmawan: Lom puas kalo lom ketemu ama player luar negri bro. Karena gw lom bisa tau skill gw sampe sejauh mana kalo musuhnya orang luar.
Kesempatan gw hilang gara" visa ga keluar. hahahahha

Lizanias: I feel sorry for you man. Mudah-mudahan Anda akan mendapatkan lagi kesempatan untuk tanding di luar, dan bisa berangkat tanpa masalah.
Darmawan: Amin dah. hohohoho

Lizanias: Anyways. Mana yang lebih menarik, Tekken 6:BR atau Tekken 5DR? Alasan nya?
Darmawan: Gw tekken 5DR cuman maen skali dan ga tau perbedaan antara Tekken 5 ama yang DR. Tapi menurut gw Tekken 6:BR ini yang terbagus.
Kemenangan ditentukan sampe musuh bener2 KO, karena sistem RAGE yang bisa balik keadaan.

Lizanias: Ngomong-ngomong mengenai perjalanan Anda ke JKT untuk WCG. Apa pendapat Anda mengenai main di WCG Indonesia & berhasil merebut gelar juara 1?



Darmawan: Kalo menurut gw maen tekken di even WCG ini kayak dream comes true rasanya. Karena dari jamannya Tekken 5, gw cuman berandai" kalo Tekken ikut wcg terus menang bisa dikirim ke luar. Ya seneng banget bisa juara 1, meskipun ga bisa berangkat ke LA tapi gw udah bersyukur bisa juara 1 WCG. Karena lawan"nya yang gw hadepin master".

Lizanias: Siapa lawan terberat Anda waktu itu?
Darmawan: Kalo waktu WCG ya si Lee_yo.
Lizanias: Apa waktu itu Anda lebih siap lawan Kula dibanding lawan Lee_Yo?
Darmawan: Iya karena gw jarang lawan Asuka, sedangkan Nina ama Xiaoyu udah biasa.

Lizanias: Nah setelah balik dari WCG, menurut Anda apa bedanya pemain-pemain di JKT dengan yang di Surabaya dan sekitarnya?
Darmawan: Beda style permainannya bro. Kalo jakarta lebih kayak permainan orang luar, defend. Kalo Surabaya lebih suka offens n gambling.

Lizanias: Hmm saya pernah nonton beberapa video T6BR dari Surabaya, dan saya rasa pemain-pemainnya terlalu suka ambil resiko dan itu bahaya?
Anda setuju dengan pernyataan itu?

Darmawan: Memang resiko tapi justru dari sana kita bisa analisa permainan musuh. Kebiasaan" mereka gmana. Jadi biasanya gambling, termasuk gw. hahahaha
Biasanya gw pelajari dulu kebiasaan musuh pas maen dan langsung dicoba.

Lizanias: Saya penasaran, apa rata-rata pemain jago di Surabaya itu seperti Anda? Tidak tahu frame data, dan lebih suka belajar dari pengalaman sendiri?

Darmawan: Iya setau gw semua pemain Surabaya dan sekitarnya pada buta ama yang namanya frame data, jadi mereka learning by doing.
Dulu ada yang belajar frame data awal" tapi abis itu udah ga kepake, karena kadang ga sesuai. Misalnya harusnya bisa dipunish kalo menurut frame, tapi mungkin ntah karena telat punish jadinya ke block. Daripada bikin bingung ama gituan mending ga pake frame2 data.hahaha

Lizanias: ok, saya pastinya tidak mau berdebat tentang untung rugi nya belajar frame data. Karena itu bukan tugas saya malam ini.hehe
Darmawan: hahahaha

Lizanias: Ini akan menjadi pertanyaaan yang terakhir. Apa keuntungan yg sudah Anda dapat dari diadakan nya Ranking Battle di Surabaya?

Darmawan: Kalo gw pribadi keuntungannya bisa ngumpul ama temen" Tekken Surabaya. Karena gw sendiri sejak dari WCG udah jarang maen tekken.
Paling seminggu skali itupun di arcade. Kalo hari" biasa udah males rasanya maen, mungkin nanti kalo ada event semacam WCG atau pertandingan juara" Ranbat. Jadi tiap kota ada perwakilan team. Nah itu bisa buat gw bergairah lagi maen tekken. hahahaha
Kalo skarang jujur gw ga bergairah maen tekken.

Lizanias: Wah sayang. Btw 1x seminggu itu lumayan dong, saya hanya main 2-3 minggu sekali. Tapi sekarang saya tambah jadi 1x seminggu sih. Agar bisa tanding dengan Anda di Grand Final WCG tahun depan. hehehhe
(ngarep kejauhan mode = ON)

Darmawan: Hehehehe. Moga" taon depan masih ada WCG Tekken. Karena gw takutnya udah dihapus Tekken.

Lizanias: kalaupun nga ada, dan para event organizer ud males bikin tourney.
Mudah-mudahan anak Indotekken terus bersemangat untuk menyelengarakan event, karena sayang sekali kalau komunitas nya sepi & skill kita semua mundur lagi.

Lizanias: Kalo saya sih sudah cukup sampe di sini. Makasih banyak buat waktu nya ya...
Darmawan: Sama" bro. Tapi anak" sby masih pada giat maen tekken.

Lizanias: Itu yang saya harapkan. Karena saya kasihan sewaktu mendengar kabar komunitas di sana di jaman T5.0 & T5DR.
Darmawan: Kya, nih anak" pada rame" nya maen tekken. Cuman gw aja yang jarang maen. Diajakin tapi ga bergairah jadinya wa maen DOTA.
Sering ketemu si Kula gw DOTA Battle Net. wkwkwkwkkw

Lizanias: Wah jarang main karena ini menyembunyikan terus ya taktik2 Law nya? hehe
Darmawan: Bukan. Justru gw kasian ama new comer kalo pake Law. Law udah jadi public enemy, smua kelemahan punish udah dipelajarin.
Jadi nasib pemain Law di Surabaya sering dbantai.

Lizanias: Hehe. Kalau begitu mereka musti rajin belajar terus dari master ny Law, L4W_M45T4Z. Nga boleh bolos dari les.
Darmawan: Hahaha

Lizanias: Anyways it's great to have you on our show. Saya merasa tidak enak, karena sudah buat Anda bergadang.
Makasih banyak ya.
Darmawan: Sama" bro gw juga tersanjung nih. :D

Lizanias: Gw sih mau nginap disini. Elu mau ikutan nginap?
Darmawan: Oh, oke. Boleh. Gw ditengah ya.



Referensi:  

No comments:

Post a Comment